Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Komisi IV Minta KKP Fokus Kembangkan Kampung Budidaya Perikanan

Kamis, 23 September 2021 | September 23, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-09-23T15:09:05Z
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini dalam Rapat Kerja bersama Menteri KKP Wahyu Sakti Trenggono bersama jajaran, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (23/9/2021). Foto: Runi/Man


Jakarta,Detakterkini.com- Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini meminta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk fokus mengembangkan kampung budidaya perikanan darat. Fokus tersebut dapat diupayakan di daerah yang memiliki potensi budidaya perairan darat dengan pendekatan kearifan lokal, seperti ikan hias dan sebagainya.


 




“Di daerah saya, tempat yang populer dengan ikan hias. Jadi saya selalu bicara tentang ikan hias. Karena laut di daerah saya itu sedikit banget. Nah, ikan hiasnya sangat luar biasa semarak bahkan di masa pandemi ini menjadi idola,” jelas Anggia dalam Rapat Kerja bersama Menteri KKP Wahyu Sakti Trenggono bersama jajaran, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (23/9/2021).


 




Menurut Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) DPR RI tersebut, kampung budidaya ikan hias ini dapat menjadi salah satu alternatif untuk peningkatan kesejahteraan para pembudi daya ikan. “Jadi kampung budidaya untuk ikan konsumsi atau hias ini menjadi penting,” tambah Anggia.


 




Dengan adanya program Kampung Budidaya ini, Anggia yakin masyarakat tidak hanya menghabiskan sumber daya alam yang ada di Indonesia, tapi juga mengelola perikanan sehingga dapat bertahan terus-menerus.


 




Dalam kesempatan yang sama, Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan menambahkan, daripada KKP membuat kebijakan kawasan budidaya udang (shrimp estate) di banyak tempat, lebih baik pembudidayaan disesuaikan dengan kultur budidaya masyarakat yang sudah terbiasa mengelola hasil sumber daya alam. “Ya jadi kalau orang sudah biasa bikin lobster di situ, kampung tenggiri, ya kita push anggarannya. Tapi kita belum melihat dukungan anggaran di situ,” ujar politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.




 


Diketahui, pada Juni 2021 lalu, KKP telah merumuskan tiga program terobosan yang bermuara pada keberlanjutan sumber daya kelautan dan perikanan nasional. Salah satunya adalah menggerakkan perikanan budidaya untuk peningkatan ekonomi masyarakat yang didukung oleh riset kelautan dan perikanan untuk keberlangsungan sumber daya laut dan perikanan darat. 


×
Berita Terbaru Update